Kamis, 01 Oktober 2009

Bunga Kamboja


Bunga Kamboja berasal dari Amerika Tengah dan banyak tumbuh di Meksiko dan Venezuela. Bunga ini lebih dikenal dengan nama Plumeria, yang diambil dari nama seorang ahli tanaman yang berasal dari Perancis dan terkenal pada abad ke-17, yaitu Charles Plumier. Sebelum terkenal dengan nama Plumeria, bunga Kamboja dikenal dengan nama Frangipani. Nama ini adalah nama seorang berkebangsaan Itali yang menemukan dan membuat minyak wangi dari bunga Kamboja di abad ke-16.

Bunga ini kebanyakan berwarna putih bercampur kuning pada 5 mahkota bunganya. Ada juga bunga Kamboja yang memiliki perpaduan warna merah muda dan kuning yang menambah keindahan bunga tersebut.Bunga ini tumbuh di daerah tropis dan dapat mekar dengan bantuan sinar matahari yang berlimpah.

Wangi Kamboja ini lebih tercium dan harum sewaktu malam hari. Konon, tanaman bunga ini sebagai tempat persinggahan dan perlindungan makhluk halus. Tidak heran bila bunga ini juga banyak tumbuh di daerah pemakaman. Namun saat ini bunga Kamboja telah menjadi tanaman hias di halaman setiap rumah karena bunga ini semakin banyak variasinya. yang sering kita jumpai di rumah-rumah ialah kamboja jenis adenium atau kamboja jepang. secara garis besar, Ada 2 kelompok adenium, yaitu kelompok species (jenis asli), maupun Varietas (jenis hasil perkawinan dan persilangan yang dilakukan manusia untuk mencari bentuk baru). Beberapa species asli adenium contohnya Adenium arabicum, cirinya bentuk bonggol pendek dan besar, dengan banyak batang yang muncul dari atas bonggol tersebut. Bunganya berwarna paduan putih dan pink, kecil (diameter petal kurang dari 5 cm). Adenium obesum, cirinya bentuk bonggol besar dan agak memanjang keatas, satu batang tumbuh diatas bonggol, diatas batang muncul percabangan. Bunga berwarna paduan merah dan putih, berbunga besar (lebih dari 5 cm). Jenis-jenis species adenium lainnya adalah Adenium Socotranum, Adenium swazicum, Adenium somalense, Adenium bohemianum.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Architecture. Powered by Blogger